ASME B31. Code Pressure Piping

Ini salah satu bagian yang terdapat dalam buku saya yang berjudul:


===================

Di Amerika Serikat sendiri, code yang dipakai untuk keperluan disain dan konstruksi piping system yang bertekanan (pressure piping) adalah ASME B31 Pressure Piping Code. ASME B31 Pressure Piping code meliputi piping system yang mempunyai tekanan operasi mulai dari tekanan vakum sampai diatas tekanan atmosfir.

ASME B31 Code terdiri atas sejumlah “section” yang berdiri sendiri dan diterbitkan juga secara terpisah. Namun kesemuanya tetaplah berada dibawah naungan dan arahan dari ASME Commitee B31 Code for Pressure Piping, yaitu sebagai berikut:


ASME B31.1 Power Piping: Adalah untuk sistim pemipaan yang sering ditemukan pada pembangkit tenaga listrik, pemanasan dengan menggunakan sistemn geothermal, maupun pemanasan central dan sistim pendingin.

ASME B31.3 Process Piping: : Adalah untuk sistim pemipaan yang banyak kita temukan di Pabrik petrokimia, kilang minyak, pabrik kimia, pharmaceutical, tekstil, kertas, semi-konduktor, cryogenic plant, utility di process plant, terminal penampungan minyak dan gas alam, pabrik pemrosesan bahan makanan dan lainnya. Memang harus diakui B31.3 adalah code yang sangat luas pemakaiannya.

ASME B31.4 Pipeline Transportation System for Liquid Hydrocarbons and other Liquids: Banyak ditemukan pada sistim pipeline yang menghantarkan fluida yang umumnya dalam bentuk cair dari sebuah Pabrik ke sebuah terminal, maupun didalam terminal itu sendiri.

ASME B31.5 Refrigeration Piping: : yaitu untuk sistim pipa yang digunakan pada sistim pendingin baik untuk refrigerant maupun untuk secondary.

ASME B31.8 Gas Transportation and Distribution Piping Systems: : adalah untuk sistim pipeline yang menghantarkan suatu produk yang umumnya adalah berbentuk gas, mulai dari tempat dia ditemukan sampai ke pabrik pengolahannya, termasuk diarea kompresor, maupun diarea “metering stations”.

ASME B31.9 Building Services Piping: Ini adalah khusus untuk sistim pemipaan yang sering kita lihat di gedung-gedung bertingkat baik milik umum maupun industri, dan juga komplek perumahan yang bertingkat banyak.

ASME B31.11 Slurry Transportation Piping System: : Yaitu sistim pipa yang menghantarkan suatu cairan yang banyak mengandung komponen padat dari suatu pabrik atau terminal ke pabrik atau terminal lainnya. Juga termasuk didalamnya adalah sistim pipa yang berada didalam pabrik atau terminal tersebut.

Adalah merupakan tugas dan tanggung jawab dari pemilik suatu proyek atau “owner” untuk memutuskan Code section mana yang akan digunakan pada proyek milik mereka.

Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan didalam menentukan code section mana yang akan digunakan, yaitu:

 Keterbatasan dari Code section
 Persyaratan Hukum dimana akan digunakan
 Kemungkinan adanya Code dan Standard yang lain yang juga harus dipenuhi.

Jadi, dengan demikian, jelas lah bahwa ASME B31 Code bukanlah sebuah buku petunjuk yang memberikan informasi secara detil akan sebuah pekerjaan. Tetapi, ASME B31 code hanyalah memberikan petunjuk akan persyaratan minimum untuk instalasi pipa sesuai dengan peruntukannya.

13 responses to “ASME B31. Code Pressure Piping

  1. hello pak doni,

    Kapan kira-kira terbitnya ya, bagaimana saya bisa mendapatkan buku tersebut. apakah nanti akan dijual bebas ditoko-toko buku. Atau saya dapat memesan langsung pada authournya.

    best regard,

    riyanto

  2. Pak Doni,

    Maaf nih tak sabar nunggu info terbitnya buku
    Pesan satu ya :
    tofik.b.kusnan@gmail.com
    Harga tak masalah (saya yakin harganya mungkin
    tidak sebanding dengan isi bukunya yang bermanfaat sekali)

    Terima kasih banyak

  3. Mas Don,

    saya juga berminat untuk mempelajari piping stress
    basic saya chemical engineering. saya bekerja di perusahaan fabrikasi di batam dibagian QC document.

    saya mengerti sedikit dengan code/standard ASME B 31.1 & ASME IX.

    ada saran buat saya untuk memulai mempelajari piping stress.

    kus_singkep@yahoo.com.sg

    kalau sudah terbit bukunya tolong di infokan ya Mas Don

  4. hi don. i am interested in piping stress analysis, unfortunately i tried to look up here in the philippines but i didnt found any.. Could you please tell me where can i buy this kind of books..Any suggestion for good author.thanks a lot.. keep it up

  5. Hello Mas Don,
    dimana saya bisa dapatkan buku tersebut?
    Thanks atas bantuannya.

  6. Hallo mas Don..boleh deh nih ikut pesan buku ini.
    Saya baru memulai pekerjaan sebagai mechanical engineer dan pastinya nanti akan berkaitan erat dengan ASME 31.

    Belinya dimana nih mas? Boleh kirim infonya ke email saya deh. :)

    Regards,
    Gary

  7. Ass mas Doni,

    Sy trtarik sekali dgn bukunya..kapan bukunya terbit? dimana sy bisa peroleh? apa dijual resmi spt di Gramedia, Gunung agung?

    Regrads,

    Heru

  8. Ass. mas Doni,
    Idem tito, saya juga tertarik sama bukunya nih, dimana, kapan dan gimana caranya ya tuk dapetin bukunya?

    Regards,
    Wahyu

  9. malam mas donny… mas mau tanya nih mas punya dokumen (file) tentang dimensi/ukuran pipa menurut standar ASME atau standar lainnya ga..? kalau ada boleh dikirim ga mas ke e-mail saya ini : garama_saja@yahoo.com tolong ya mas soalnya data2 nya mau dipakai utk bahan tugas akhir kuliah saya.. krn tugas akhir kuliah saya tentang analisis perpipaan..? maaf merepotkan ya mas.. terima kasih..

  10. pak doni …

    saya mau pesan bukunya bisa pesan Cash and Delivery tidak ..????
    saya di jakarta pak doni …

    terima kasih

    helmy

  11. saya mahasiswa teknik metalurgi UNJANI bandung, blog nya sangat bermanfaat sekali, jarang-jarang ada yang ngebahas ttg piping stress.

  12. Saya Fresh graduate Teknik metlurgi untirta. Minta info nya dong tempat kursus piping engineer yang sudah ternama n banyak relasi industri oil-gas. JIka ada tolong infoin ke nugraha.yanuar@ymail.com.Thanks

  13. pak Donny
    saya David, sedang menjalani kuliah di jurusan Teknik Perpipaan (Piping Engineer) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya- ITS. dan bukan kebetulan saya mengambil judul tugas akhir tentang piping stress analysis.
    saya juga menggunakan sofware CAESAR II 5.1 sebagai perbandingan dengan perhitungan manual.
    pak Donny, mohon bantuannya jika anda berkenan memberikan saya beberapa referensi untuk perhitungan pipe stress yang lebih mudah dimengerti dan juga tentang pipe support serta optimasinya.
    saya harapkan sumbangsih bapak sebagai ahli dalam piping stress analysis (PSA). Dan mudah2an saya bisa mengikuti jejak bapak.
    Terima kasih

Leave a Reply

